Skip to main content

Perbedaan Burung Prenjak Jantan dan Betina dengan Mudah

Perbedaan Penjak Jantan dan Betina - Beberapa tahun terakhir peminat burung prenjak semakin meningkat, padahal sebelumnya tak ada yang menyentuh burung tersebut. Namun karena kesadaran para kicaumania akan keindahan suara burung prenjak, kini popularitas burung mungil tersebut meningkat.

Burung Prenjak memiliki berbagai macam jenis, situs omkicau.com menyebutkan ada sekitar 23 jenis burung prenjak yang ada di dunia. Sedangkan di Indonesia kamu bisa menemukan beberapa jenis diantaranya seperti Prenjak kepala merah, Prenjak lumut, Prenjak cokelat, Prenjak padi, Prenjak kebun, dan Prenjak sawah.

Yang paling sering dipelihara oleh orang-orang adalah Prenjak jenis Kepala Merah dan Kebun. Walaupun kedua jenis Prenjak tersebut memiliki harga yang bisa dibilang cukup mahal daripada Prenjak jenis lainnya.

Kenapa burung Prenjak Kepala Merah memiliki banyak peminat? Karena Prenjak Kepala Merah ini memiliki keunikan tersendiri yaitu bulu kepala yang berwarna merah yang menjadikannya daya tarik untuk dibeli oleh pencinta Prenjak.

Meski kini banyak orang yang berminat atau memelihara burung mungil tersebut, pasti ada beberapa yang masih bingung bagaimana cara membedakan kelamin jantan ataupun betina. Ada beberapa cara untuk membedakan jenis kelamin burung prenak, mulai dari bentuk tubuh, perilakunya dan lain sebagainya yang akan kami coba bahas lebih rinci di berikut artikel ini.

 

Perbedaan Prenjak Jantan dan Betina

Perbedaan Prenjak Jantan dan Betina

1. Postur Tubuh

Cara pertama dan cara yang cukup mudah untuk membedakan jenis kelamin Prenjak Jantan dan Prenjak Betina adalah dengan melihat dan juga memperhatikan postur tubuhnya.

Kenapa dengan memperhatikan postur tubuh? Karena memang antara Prenjak Jantan dan juga Betina memiliki perbedaan tubuh yang sedikit mencolok, Prenjak Jantan memiliki tubuh yang lebih besar dan juga panjang.

Dan sedangkan untuk Prenjak Betina memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil namun untuk tinggi burung Prenjak Wanita lebih unggul.

Dengan mengacu perbedaan tersebut kamu dapat langsung membedakan apakah Prenjak yang kamu miliki Jantan atau Betina.

2. Warna Paruh

Paruh pastinya sangatlah penting bagi setiap burung karena berguna untuk makan, namun selain itu juga dapat digunakan untuk membedakan kelamin antara jantan dan juga betina pada burung Prenjak, karena burung jantan maupun betina memiliki warna paruh yang berbeda.

Untuk Prenjak jantan warna paruhnya lebih kehitaman atau lebih gelap dari atas hingga kebawah yang pastinya cukup mencolok.

Sedangkan untuk Prenjak betina memiliki warna paruh yang lebih cerah yaitu berwarna putih dan juga sama pastinya akan mencolok apabila dilihat dengan seksama.

3. Bentuk Kepala

Selain postur tubuh dan warna paruh, bentuk kepala burung Prenjak juga bisa menjadi perbedaan apakah jantan ataukah betina, namun untuk cara ini kamu harus lebih memperhatikannya karena pastinya akan sedikit sulit apabila kurang fokus, berikut ini perbedaannya.

Prenjak jantan memiliki bentuk kepala yang lebih ceper apabila diperhatikan dengan sekesama.

Dan untuk Prenjak betina bentuk kepalanya lebih melengkung dibandingkan dengan Prenjak jantan.

4. Bentuk Mata

Perbedaan keempat yang dapat kamu perhatikan dalam bentuk fisiknya adalah dengan melihat pada bentuk matanya, cara ini pastinya memerlukan kejelian karena mata burung yang mungil ini pastinya cukup kecil, berikut ini bedanya jantan dan betina :

Jenis Prenjak jantan memiliki bentuk mata yang lebih menonjol apabila diperhatikan dengan teliti dan jelas.

Dan untuk Prenjak betina bentuk matanya lebih ceper dibandingkan dengan Prenjak jantan.

5. Tes DNA Akurat 99%

Cara kelima adalah dengan cara Tes DNA burung tersebut, ini merupakan cara yang paling sulit dan juga pastinya ribet karena kita memerlukan darah atau hal yang menyangkut dari burung itu seperti bulu ataukah daging yang nantinya dites apakah jantan ataukan betina.

Tes ini juga memeliki akurasi yang sudah cukup tinggi yaitu sampai dengan 99% yang berarti hanya akan ada 1% kesalahan dalam menentukan kelamin burung Prenjak ini.

Selain perbedaan-perbedaan diatas yang kami sebutkan barusan, kamu juga dapat menggunakan ciri-ciri dalam membedakan apakah Prenjak yang kamu incar atau kamu sudah pelihara jantan atau betina, berikut ini ciri-cirinya :

Ciri-Ciri Prenjak Jantan

  1. Memiliki ukuran badan yang lebih besar.
  2. Warna dari keseluruhan tubuhnya lebih gelap.
  3. Ukuran Kepala lebih besar.
  4. Untuk ukuran ekor Jantan memiliki ekor yang lebih panjang.
  5. Pada bulu dada Jantan memiliki warna lebih gelap dan juga kehitaman.
  6. Pada suara Prenjak Jantan lebih bervariasi.

Ciri-Ciri Prenjak Betina

  1. Memiliki ukuran tubuh atau postur tubuh lebih kecil.
  2. Warna lebih terang.
  3. Ukuran kepala dari Prenjak Betina lebih kecil.
  4. Untuk ekor Betina memiliki ukuran lebih kecil dan meruncing atau lancip.
  5. Warna bulu dada Betina berwarna putih.
  6. Pada suara burung Prenjak Betina lebih kearah monoton ataupun hanya itu-itu saja.

Dengan perbedaan dan juga ciri-ciri yang sudah kami sebutkan diatas semoga kamu tidak salah dalam melihat perbedaan jenis kemalamin burung Prenjak yang kamu pelihara atau Prenjak yang nantinya kamu beli.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar