Skip to main content

Makanan Burung Cendet yang Bagus Biar Cepat Gacor

Makanan Burung Cendet yang Bagus - Burung Cendet merupakan burung yang memiliki motif bulu yang bagus dan menarik untuk di pandang mata. Selain itu Cendet juga memiliki suara yang indah dan dapat cukup mudah untuk dipelihara.

Perawatan burung cendet cukup mudah, yang paling penting untuk diperhatikan adalah makanan dari burung tersebut, karena makanan merupakan hal yang paling penting untuk makhluk hidup tak terkecuali burung Cendet ini.

Ada banyak jenis makanan burung cendet, mulai dari Jangkrik, Belalang, Kroto dan masih banyak lagi lainnya. Untuk lebih jelasnya kami akan memberikan ulasan beberapa makanan Cendet dan manfaat yang nantinya akan didapatkan.

Makanan Burung Cendet

1. Jangkrik

Jangkrik

Makanan pertama yang dapat kamu berikan untuk burung Cendet adalah Jangkrik. Jangkrik ini sering sekali digunakan oleh masyarakat Indoensia untuk menjadi makanan burung yang ada di rumahnya karena mudah ditemukan dan memiliki harga yang bisa dibilang murah.

Jangkrik juga memiliki kandungan Nutrisi yang baik untuk diberikan ke burung Cendet seperti Protein, Zat Besi, Hormon esterogem, Hormon steroid, Hormon progesterone, Asam amino, Karbohidrat, Kolagen dan juga Lemak yang dapat memenuhi kebutuhan gizi sehari-hari.

2. Belalang

Belalang

Belalang ini bisa dijadikan sebagai Extra Food atau makanan tambahan yang diberikan untuk melengkapi pakan utamanya. Dengan memberikan Belalang diharapkan dapat meningkatkan stamina dan mempertahankan kemampuan mental bertarungnya.

Apabila memang sulit untuk mendapatkan makanan lain seperti jangkrik maka dengan memberikan Belalang sudah cukup untuk makanan tambahan si Cendet.

Belalang memiliki beragam vitamin seperti Vitamin A, B, B1, B2, B6, E dan juga C, asam folat dan juga asam lemak. Selain vitamin ada juga kandungan Mineral seperti kalsium, magnesium, potassium, sodium, fosfor, zat besi, zinc, dan lainnya.

3. Kroto

Kroto

Makanan ketiga yang dapat digunakan untuk makanan burung Cendet adalah Kroto. Kroto merupakan istilah lain dari telur semut, banyak orang yang menggunakan sebagai pakan burung.

Kroto merupakan makanan favorit burung kicau. Di dalam Kroto memiliki kandungan yang sangat baik seperti Protein yang cukup tinggi namun memiliki kadar lemak dan kalor yang cukup rendah yang membuat Cendet kamu tidak akan cepat untuk gemuk.

Dengan memberikan makanan Kroto maka akan menjaga kesehatan si burung Cendet tersebut, ia tidak mudah sakit dan performa si burung ketika diberikan kroto akan meningkat menjadi lebih maksimal.

Selain itu dengan memberikan pakan Kroto perkembangan otak si burung akan menjadi cepat dan akan dengan mudah untuk menirukan sebuah suara. Di dalam Kroto juga terdapat kandungan Vitamin B yang bagus untuk burung yang sedang mengalami stress.

4. Kumbang

Sangat banyak orang yang belum tahu bahwa burung Cendet menyukai makanan satu ini yaitu Kumbang. Kumbang merupakan salah satu makanan Cendet apabila masih di alam liar.

Kumbang yang paling Cendet suka merupakan kumbang yang masih dalam bentuk atau kondisi larva. Kumbang mengandung berbagai macam mineral seperti Kalsium, Zat besi, dan juga Zinc, selain itu terdapat kandungan Protein di dalamnya.

5. Ulat Hongkong

Ulat Hongkong

Apabila burung Cendet yang kamu miliki atau pelihara mengalami yang namanya kurang semangat maka mungkin dengan memberikan Ulat Hongkong akan menjadi bersemangat lagi dan mengeluarkan bunyi-bunyian lagi.

Selain semangat burung yang ditingkatkan, Ulat Hongkong juga akan meningkatkan Energi dari burung Cendet itu sendiri yang akan menjadikannya lebih energic lagi dalam kesehariannya.

6. Cacing

Pakan yang keenam yang cukup cocok untuk menjadi makanan burung Cendet adalah Cacing. Walaupun cukup bagus Cacing merupakan sebuah Extra Food atau makanan tambahan. Jadi kamu tidak boleh memberikan makanan Cacing ini secara berlebihan ke Cendet yang kamu punya.

Cacing akan meningkatkan berbagai macam hal di dalam tubuh Cendet seperti Konsentrasi yang akan meningkat, kecerdasan dari si burung, akan menaikkan nafsu makan, dapat mengatur birahi si burung, dan akan meningkatkan stamina.

7. Voer

Apabila kamu menginginkan sebuah makanan yang nantinya dapat diberikan setiap hari kepada burung Cendet, maka makanan Voer adalah yang paling cocok. Kenapa ? Karena Voer dapat memenuhi kandungan nutiris dari Cendet yang membuat perkembangan cendet menjadi terjaga.

Namun cukup sulit untuk memberikan makanan Voer ke si Cendet apabila tidak dilatih terlebih dahulu, dengan tidak adanya latihan maka Cendet tidak akan mau memakana Voer, untuk itu kami akan coba membantu kamu yang ingin memberikan Voer ke si burung Cendet, berikut ini caranya.

Cara Melatih Cendet Makan Voer

Biasanya Cendet yang dijual dipasaran adalah Cendet yang awalnya berasal dari alam liar yang menjadikannya masih cukup liar ketika di pelihara dirumah. Namun dengan berjalannya waktu dan seringnya dirawat maka Cendet yang tadinya liar menjadi jinak dan mulai beradaptasi dengan lingkungan manusia.

Selama adabtasi tersebut pastinya kita yang memelihara harus memberikannya makan, dan makanan yang mungkin cukup sering ditemukan dan sederhana adalah Voer. Namun kamu harus melatih Cendet agar mau memakan Voer setiap harinya, kami akan coba memberikan 2 cara bagaimana cara untuk cepat mau makan Voer, berikut ini carnanya :

Cara Pertama :

  1. Pada hari pertama di pagi hari berikan Extra Fooding (EF) kroto didalam tempat makannya sebanyak mungkin.
  2. Lalu pada hari kedua kurangi Extra Fooding krotonya dan coba campurkan kroto tersebut dengan Voer halus yang sudah dibasahi terlebih dahulu.
  3. Selanjutnya di hari ketiga pakan EF kroto lebih banyak dikurangi lagi dan masih sama dicampur dengan Voer halus yang dibasahi oleh air.
  4. Selanjutnya kamu harus lebih memperhatikan lagi kotorannya setelah memberikan pakan Voer halus yang sudah dibasahi. Jika kotoran yang dikeluarkan sudah berwarna seperti Voer, maka pada hari-hari berikutnya pemberikan EF kroto dengan Voer basah yang tingkat kebasahannya harus lebih dikurangi lagi, ini bertujuan untuk burung Cendet mau makan Voer yang sudah kering.
  5. Bagian terkhir apabila Cendet sudah mau makan Voer saja, maka menu pakan Voer halus tersebut bisa diganti dengan Voer yang lebih kasar.

Cara Kedua :

  1. Untuk cara kedua ini kamu bisa mencampur Voer dengan Ulat Kandang. Cara ini juga pastinya membutuhkan waktu yang tidak sebentar, tergantung Cendet cepat atau lama dalam beradaptasi.
  2. Proses ini pun hampir sama dengan cara sebelumnya yang harus memperhatikan kondisi si burung. Jangan sampai dengan memberikan pakan ini membuat si burung menjadi lemas dan bahkan berujung dengan kematian.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar