Skip to main content

Cara Membedakan Kenari Jantan dan Betina 99% Akurat

Cara Membedakan Kenari Jantan dan Betina - Kanari adalah burung pengicau kecil yang sangat digemari oleh kicaumania Indonesia. Bisa dibilang bahwa burung kenari merupakan koleksi wajib para penghobi burung.

Kenari memiliki penampilan bulu yang menarik, selain ia terkenal dengan suara yang cepat, rapat, dan lantang. Sehingga banyak kicaumania yang menjadikan suara burung kenari sebagai masteran dasar pada burung pengicau lain.

Cara Membedakan Kenari Jantan dan Betina


Secara fisik, sekilas burung kenari jantan dan betina terlihat sama. Bagi orang yang awam pasti akan kesulitan membedakannya.

Oleh karena itu, pada artikel ini mimin Mp3burung.com membagikan informasi tentang perbedaan kenari jantan dan betina. Jadi bagi yang penasaran, silahkan baca hingga selesai artikel ini.

Cara Membedakan Kenari Jantan dan Betina

Berikut perbedaan burung kenari jantan dan betina dilihat dari beberapa sudut pandang.

1. Berdasarkan Posisi Mata

Jenis kelamin burung kenari bisa dilihat dari posisi matanya. Posisi mata burung kenari jantan relatif sejajar dengan garis paruh. Sedangkan posisi mata kenari betina berada lebih tinggi dari garis paruh. Ciri ini biasanya bisa kamu lihat sejak burung masih anakan.

2. Bentuk Kepala Kenari

Apabila kita teliti, kita juga bisa membedakan jenis kelami kenari dari bentuk kepalanya. Burung kenari jantan umumnya memiliki bentuk kepala cepak atau data pada bagian atas. Sedangkan bentuk kepala kenari betina cenderung membulat.

3. Postur Tubuh

Burung kenari jantan biasanya memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dibanding dengan kenari betina. Kamu bisa melihat perbedaanya dengan jelas pada kenari dewasa dan keduanya disandingkan.

4. Raut Wajah

Burung jantan biasanya memiliki tingkat emosi yang lebih tinggi, sehingga kebanyakan burung jantan memiliki raut wajah yang terlihat garang, seakan siap menerima tantangan kapan saja. Sedangkan burung betina umumnya lebih terlihat imut dan cantik.

Namun hal ini tidak bisa dijadikan sebagai acuan utama dalam menentukan jenis kelami burung. Sebab setiap orang memiliki penilain yang berbeda-beda.

5. Dari Bentuk Kaki

Jika dilihat dari bentuk kaki, kenari jantan memiliki bentuk kaki yang lebih besar dan kokoh. Sedangkan kenari betina memiliki bentuk kaki yang terlihat lebih kecil, pendek dan terlihat rapuh.

6. Bentuk Selangkangan Kenari

Burung kenari jantan memiliki selangkangan yang rapat, sehingga ketika ia berdiri kedua kaki nampah lebih rapat. Sedangkan kenari betina memiliki selangkangan yang lebih lebar, sehingga jarak antara kedua kaki ketika berdiri lebih lebar juga.

7. Bentuk Dubur / Kloaka

Cara ini dinilai paling akurat untuk membedakan jenis kelamin burung kenar, karena perbedaanya benar-benar jelas.

Caranya yaitu dengan menangkap burung kenari yang akan di cek jenis kelaminya. Kemudian sibak bagian bulu yang menutupi area dubur, agar lebih mudah sebaiknya basahi dulu tanganmu.

Selanjutnya amati bagian dubur/kloaka. Apabila bentuk kloaka menonjol, artinya burung tersebut berkelamin jantan. Namun jika bentuk kloaka datar, maka bisa dipastikan burung tersebut berkelamin betina.

8. Gerak-gerik Kenari

Kenari jantan biasanya akan terlihat lebih aktif dan agresif dibandingkan kenari betina. Kenari betina biasanya lebih banyak menghabiskan waktu dengan berdiam diri di tempat.

9. Suara Kenari

Bagi kamu sudah lama memelihara burung kenari pasti bisa membedakan kenari jantan dan betina dengan mudah melalui suaranya.

Burung kenari jantan biasanya memiliki irama kicau yang lebih merdu, lantang dan bervareasi. Sedangkan suara sang betina bisanya cenderung monoton / mengulang-ulang.

10. Pembulu Vena

Cara yang terakhir ini bisanya digunakan untuk membedakan jenis kelami kenari ketika masih anakan. Pada kenari usia 3- hari, kamu bisa melihat perbedaanya dari garis merah (pembulu vena) yang melintang dari perut bagian bawah ke arah dubur.

Apabila anakan kenari tersebut terdapat garis merah, artinya burung tersebut jantan. Namun apabila tidak terlihat garis merahnya, artinya ia betina.

Demikianlah 10 cara membedakan burung kenari jantan dan betina berdasarakan ciri visik. Semoga ulasan tersebut bisa membantuk teman-teman yang masih bingung melihat perbedaan kenari jantan dan betina.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar