Skip to main content

Makanan Burung Kutilang Agar Sehat dan Gacor

Makanan Burung Kutilang - Kutilang atau ketilang merupakan burung pengicau bertubuh sedang yang sangat populer di Indonesia. Burung ini termasuk dalam kategori burung merbah atau burung cucak-cucakan.

Burung kutilang memiliki berbagai sebutan di pelbagai daerah, misalnya di Jawa, ia disebut ketilang atau genthilang. Sedangkan orang sudah menyebut burung ini dengan nama cangkurileung.

Kutilang terkenal dengan suara kicaunya yang sangat khas, selain itu populasinya sangat terjaga hingga saat ini. Terbukti dengan dapat ditemukannya dengan mudah burung kutilang diberbagai daerah.

 

Meski burung kutilang sangat populer, namun harga burung ini dipasaran masih dianggap sebelah mata. Selain karena populasinya yang masih berlimpah, suara kutilang sebenarnya tidak terlalu bagus bahkan dianggap dapat merusah suara kicau burung lian.

Namun bagi kalian yang hanya sekedar ingin memelihara burung, kutilang bisa menjadi salah satu pilihan yang patut dipertimbangkan. Selain karena harganya masih murah, perawatan kutilang juga sangat mudah dan tidak mudah stress. Jadi sangat cocok untuk orang yang masih belajar memelihara burung kicau.

Berbicara soal merawat burung kutilang, salah satu hal yang wajib kamu ketahui yaitu jenis pakan yang bagus untuk burung tersebut. Jangan sampai memelihara burung tapi tidak tahu pakan utama dari burung yang dipelihara.

Nah, apabila kalian benar-benar masih awam tentang pakan kutilang, berikut ini mimin tuliskan beberapa jenis pakan yang bagus untuk burung merbah tersebut.

Makanan Burung Kutilang Agar Gacor

Secara umum, pakan burung dibagi menjadi 2, yaitu pakan utama dan pakan tambahan. Dan berikut ini penjelasan tentang pakan utama dan pakan tambahan untuk burung kutilang.

Pakan Utama

Seperti umumnya merbah, pakan utama burung kutilang yaitu berupa buah berdaging lunak seperti pepaya dan pisang. Jenis pisang yang paling bagus untuk burung kutilang yaitu pisang Kepok yang sudah masak. Sedangkan untuk pepaya kalian bisa memberikan pepaya jenis apa saja selama sudah masak.

Selain kedua buah tersebut, sebagian kicaumania melatih burung kutilang untuk memakan voer. Hal ini dimaksudkan agar lebih mudah dalam pemberian pakan. Namun meski sudah diberi voer, sebaiknya kalian tetap menyediakan buah didalam sangkarnya.

Pakan Tambahan

Ekstra Fooding (EF) atau pakan tambahan merupakan jenis pakan yang diberikan pada burung untuk melengkapi gizi si burung.

Untuk burung kutilang, pakan tambaha yang bagus yaitu berupa serangga seperti jangkrik, belalang, kroto, ulat, dll. Kalian bisa memberikan pakan tambahan pagi dan sore dengan porsi secukupnya. Mislanya, pagi 2 ekor jangkrik dan sore 2 ekor jangkrik. Sesuaikan dengan kebiasaan dan kebutuhan burung.

Pemberian Pakan Untuk Anakan Kutilang

Salah satu tips untuk memiliki burung kutilang bersuara bagus yaitu dengan merawatnya sejak masih kecil. Namun dalam hal ini kalian harus telaten melolohnya sebab ia belum bisa makan sendiri.

Untuk cara meloloh kutilang sebenarnya tidak sulit, berikut tata caranya :
  • Siapkan pakan lolohan, bisa berupa buah yang masak atau voer yang dicampur air secukupnya.
  • Ambil lidi atau sedotan.
  • Siapkan anakan burung kutilang yang sudah lapar (biasanya akan berisik dengan mulut terbuka ketika didekati)
  • Ambil sedikit pakan loloan tersebut, jangan terlalu besar agar mudah ditelan.
  • Masukan kedalam mulut burung kutilang yang sudah terbuka.
  • Lakukan secara hati-hati hingga burung terlihat kenyang / secukupnya. (Usahakan burung tidak kekenyangan)
  • Setelah selesai, selanjutnya diberi air minum secukupnya.
Demikianlah beberapa jenis makanan burung kutilang yang bagus diberikan agar burung sehat dan cepat gacor. Semoga ulasan diatas dapat bermanfaat, dan apabila ada kesalahan dalam penulisan mimin mohon maap :D
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar